Hugo (2011)

Genre: Fantasi + Petualangan
Peringkat: 3,5/5

Nominasi lain untuk Academy Awards 2012 dalam kategori Film Terbaik.

Di luar tembok stasiun tinggal seorang anak laki-laki yang tugasnya menjaga agar jam stasiun tetap berjalan dan berfungsi dengan baik. Hugo (Asa Butterfield), anak itu, adalah anak seorang pembuat jam yang hebat. Saat itu, ayahnya telah meninggal dunia, meninggalkan urusan yang belum selesai. Perbaiki mesin robot yang katanya bisa mengetik. Karena tinggal sendiri, Hugo terpaksa ikut pamannya yang pemabuk, yang juga bekerja sebagai tukang pukul di stasiun.

Hugo terobsesi dengan warisan ayahnya, memperbaiki robot mekanik yang bisa menulis karena Hugo yakin surat itu berisi surat terakhir ayahnya. Untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkannya, ia terpaksa mencuri suku cadang dari toko mainan milik Papa George (Ben Kingsley). Pertemuan dengan Papa Georges ini membawa Hugo pada petualangan baru yang lebih besar dari obsesinya terhadap robot, termasuk bertemu Isabelle, seorang gadis muda yang menyukai buku. Petualangan yang berakhir tidak hanya dengan memulihkan warisan ayahnya, tetapi juga dalam meningkatkan kehidupan orang lain.

***

Film Hugo ini secara visual menyenangkan. Ini hanya sedikit cerita mentah. Entah kenapa saya tidak begitu bersemangat, walaupun saya tetap bersemangat untuk mengikuti perjalanan Hugo selanjutnya. Jalan hidup Hugo sangat dramatis. Saya bisa membayangkan dia hidup sendirian di balik tembok dengan obsesi besar pada warisan terakhir ayahnya. Bermain petak umpet dengan seorang petugas polisi di stasiun kereta mencari anak-anak tunawisma tanpa orang tua. Cara menyimpannya di terminal mengingatkan saya pada terminal dari film Tom Hanks.


Saya pikir para pemain melakukan pekerjaan dengan baik. Ada beberapa nama yang tidak asing lagi, termasuk Sacha Baron yang menyebalkan yang pernah muncul di film Borat. Oya, ada juga nama Jude Law. Dia muncul sebentar sebagai ayah Hugo.


Film Hugo ini didasarkan pada novel The Invention of Hugo Cabré oleh Brian Selznick, sebuah cerita yang juga menyertakan beberapa film bisu dan thriller.

Dan masuk dalam daftar Film Terbaik 2012 adalah alasan terbesar saya rela bersabar mengunduh film ini selama dua hari karena koneksi yang sangat lambat. Tentu saja, masuknya Martin Scorsese yang terkenal juga menggiurkan.

Dalam film ini, Hugo mengungkapkan pesan yang sangat kuat:

"Saya pikir seluruh dunia hanyalah satu mesin besar.
Mobil tidak datang dengan tambahan, Anda tahu.
Mereka selalu datang dalam jumlah yang mereka butuhkan.
Jadi saya berpikir, jika seluruh dunia adalah satu mesin besar.
Saya tidak bisa menjadi bagian lain. Saya harus berada di sini karena suatu alasan.
Yang berarti Anda harus berada di sini karena suatu alasan juga. »

0 Response to "Hugo (2011)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel